Minggu, 26 Juni 2022
Advertisment
BerandaLiputanUmumDimulai Pada Akhir Desember Ini, Prioritas Vaksinasi Pada Anak Sukoharjo

Dimulai Pada Akhir Desember Ini, Prioritas Vaksinasi Pada Anak Sukoharjo

Vaksinasi Covid-19 dengan target sasaran anak usia 6-11 tahun di Sukoharjo akan direncanakan dimulai pada akhir Desember 2021. Pemberian vaksin untuk anak pada tahap awal akan diprioritaskan anak kelas III, IV, dan VI.

Pemerintah pusat telah mengizinkan penyuntikan vaksin Covid-19 dengan sasaran anak usia 6-11 tahun. Hal ini ditindaklanjuti pemerintah daerah yang melakukan persiapan vaksinasi anak berusia 6-11 tahun.

Salah satu syarat vaksinasi anak usia 6-11 tahun yakni capaian vaksinasi dosis pertama secara kumulatif mencapai di atas 70 persen dan capaian vaksinasi kelompok lanjut usia (lansia) di atas 60 persen.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan vaksinasi dosis pertama per 14 Desember mencapai 78,06 persen. Sedangkan capaian vaksinasi kelompok lansia mencapai sekitar 74,26 persen.

Artinya, Kabupaten Sukoharjo telah memenuhi syarat vaksinasi anak usia 6-11 tahun. “Untuk tahap awal, vaksinasi anak usia 6-11 tahun direncanakan pada akhir Desember. Namun demikian, vaksinasi anak menyesuaikan kondisi stok vaksin Sinovac,” katanya saat berbincang dengan wartawan, Rabu (15/12/2021).

Yunia menyebut vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Sukoharjo menggunakan vaksin jenis Sinovac. Namun, stok vaksin Sinovac di Sukoharjo saat ini mulai menipis. Yunia mengaku telah berkoordinasi dengan DKK Jawa Tengah agar segera memasok vaksin jenis Sinovac.

Saat ini, sebagian siswa kelas I, II, dan V tengah mengikuti Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Harus ada interval waktu minimal empat pekan sebelum disuntik vaksin Sinovac.

Program BIAS

“Vaksinasi anak diprioritaskan terlebih dahulu terhadap siswa kelas III, IV, dan VI. Sementara vaksinasi Covid-19 bagi siswa yang mengikuti program BIAS dilaksanakan pada tahun depan,” ujarnya.

Direktur RSUD Ir Soekarno Sukoharjo itu masih menunggu hasil pendataan anak usia 6-11 tahun yang jadi sasaran vaksinasi Covid-19. Pendataan anak dilakukan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo.

aat ini, pemerintah terus menggenjot capaian vaksinasi dosis kedua dengan sasaran beragam kelompok masyarakat. “Kasus Covid-19 di Sukoharjo memang melandai namun program vaksinasi harus terus digulirkan. Satgas melibatkan ketua rukun tetangga [RT] untuk mendata masyarakat yang belum disuntik vaksin dosis kedua,” paparnya.

Seorang orang tua siswa asal Kelurahan Jombor, Kecamatan Bendosari, Yohana, mengatakan kelompok anak harus segera disuntik vaksin seiring pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Terlebih, imunitas kelompok anak cenderung lemah dibanding orang dewasa. Mereka lebih cepat terinfeksi virus saat berinteraksi dengan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

https://www.solopos.com/dimulai-akhir-desember-ini-sasaran-prioritas-vaksinasi-anak-sukoharjo-1217234?utm_source=terkini_desktop

TULISAN TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Terbaru

Komentar Terbaru