Rabu, 22 Juni 2022
Advertisment
BerandaLiputanWisataPengoperasian 2 Koridor BST sampai Sukoharjo Tinggal Menunggu Izin Trayek

Pengoperasian 2 Koridor BST sampai Sukoharjo Tinggal Menunggu Izin Trayek

Pengoperasian bus Batik Solo Trans atau BST Koridor 5 dan 6 ke wilayah Solo Baru dan Bekonang, Sukoharjo, tinggal selangkah lagi beroprasi. Saat ini, transportasi publik aglomerasi Solo-Sukoharjo itu tinggal menunggu izin trayek dari pemerintah pusat.

Kajian teknis pengoperasian BST Koridor 5 dan 6 telah dilakukan pada beberapa waktu lalu, Kajian teknis itu meliputi sarana dan prasaran, halte, serta estimasi penumpang bus. Hasil kajian teknis itu telah direspons Pemkot Solo.

“Saat ini, masih proses pengurusan izin trayek. Kami masih menunggu realisasi dari pemerintah pusat,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, FX Toni Sri Buntoro, saat berbincang dengan Solopos.com di Gedung Setda Sukoharjo, Senin (13/12/2021).

Rencananya, pengopeasian BST Koridor 5 melewati kawasan Solo Baru, Sukoharjo, tepatnya Jl Ir Soekarno. Rutenya dari Terminal Tirtonadi Solo, Jl Ahmad Yani, Jl Gajah Mada, Jl Ronggowarsito. Kemudian, bus BST menuju arah Jl Mayor Sunaryo dan Jl Kapten Mulyadi, dan berakhir di Jl Ir Soekarno, Solo Baru.

Sedangkan BST Koridor 6 melewati Pasar Bekonang di wilayah Kecamatan Mojolaban. Rutenya dari Terminal Kartasura, Jl Adi Soemarmo, Jl Ahmad Yani, Jl Slamet Riyadi, Jl Veteran, Jl Kyai Mojo, dan Pasar Bekonang. “Pemkab Sukoharjo berkomitmen menyiapkan infrastruktur guna menyokong pengoperasian bus BST. Saya berharap [BST] segera terealisasi,” ujarnya.

Pemulihan di Sektor Pariwisata

Lebih jauh, Toni menyampaikan pengoperasian BST menjadi daya ungkit percepatan pemulihan sektor pariwisata di Kabupaten Jamu. Sektor penyokong pariwisata terpuruk akibat pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun. Para wisatawan domestik dan mancanegara bisa mengunjungi ke sejumlah lokasi destinasi wisata edukasi seperti kampung jamu di Nguter dan sentra kerajinan gamelan Jawa di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.

Seorang warga Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol, Widadi, mengatakan pengoperasian bus BST bakal mendekatkan masyarakat Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo. Wilayah kedua daerah itu berbatasan dan jaraknya cukup dekat. Masyarakat Kota Bengawan bisa naik bus BST saat hendak berbelanja atau berekreasi di Solo Baru.

Sebaliknya, masyarakat Sukoharjo juga bisa memanfaatkan aglomerasi transportasi publik tersebut saat hendak bepergian ke Kota Solo. “Sebenarnya, wacana pengoperasian bus BST sudah lama mencuat pada beberapa tahun lalu. Mudah-mudahan, segera terwujud pada 2022. Sehingga mampu memberikan efek positif bagi masyarakat di kedua daerah,” katanya.

https://www.solopos.com/pengoperasian-2-koridor-bst-sampai-sukoharjo-tinggal-tunggu-izin-trayek-1215406?utm_source=terkini_desktop

TULISAN TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Terbaru

Komentar Terbaru