Senin, 27 Juni 2022
Advertisment
BerandaLiputanBisnisTingkatkan Literasi Pajak, DJP Jateng Buka Tax Center di Univet Sukoharjo

Tingkatkan Literasi Pajak, DJP Jateng Buka Tax Center di Univet Sukoharjo

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II membuka tax center di kampus Universitas Veteran (Univet) Bangun Nusantara Sukoharjo. Hal itu untuk mendorong peningkatan literasi pajak di perguruan tinggi.

Tax center berperan untuk membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pajak. Hal ini diungkapkan Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II, Slamet Sutantyo, di sela-sela penandatangan kerja sama atau MoU dan peresmian tax center Univet Bantara Sukoharjo, Rabu (15/12/2021).

Acara tersebut juga dihadiri Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Farida Nugrahani, serta dosen dan mahasiswa. Dalam kesempatan tersebut, Slamet menyampaikan pembentukan tax center itu merupakan kerja sama Kanwil DJP Jawa Tengah dengan Univet Bantara Sukoharjo.

Tax center menjadi pusat informasi, pendidikan, penelitian, dan pelatihan masyarakat tentang perpajakan. “Saya mengapresiasi Univet Bantara Sukoharjo yang berupaya mengeduasi masyarakat terhadap pajak dengan membentuk tax center. Di Jawa Tengah, ada 22 tax center yang sudah terbentuk,” katanya, Rabu.

Tax center berfungsi meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat agar memahami hak dan kewajiban perpajakan. Termasuk literasi pajak meliputi awareness, knowledge, serta skill. Perguruan tinggi memberikan kontribusi dengan mengedukasi sekaligus riset pajak.

Slamet juga menyinggung ihwal sukarelawan pajak yang berasal dari mahasiswa perguruan tinggi. Mereka dilatih agar memiliki pemahaman dan pengetahuan pajak yang memadai.

Penelitian dan Pelatihan Perpajakan

Para sukarelawan pajak diberi tugas mengedukasi dan mendampingi masyarakat dan pelaku usaha saat mengisi formulir pelaporan dan pembayaran pajak. “Sukarelawan pajak menjembatani otoritas pajak dengan para wajib pajak termasuk pelaku usaha. Masih banyak wajib pajak yang belum memahami mengisi formulir dan pembayaran pajak,” ujarnya.

Slamet berharap tax center di Univet Bantara Sukoharjo bisa bermanfaat bagi perguruan tinggi, dosen, mahasiswa serta masyarakat. Sehingga kesadaran masyarakat untuk mematuhi dan membayar pajak meningkat.

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Farida Nugrahani, mengatakan Fakultas Ekonomi berinisiasi mendirikan tax center sebagai salah satu program unggulan untuk membekali mahasiswa saat meniti karier di dunia kerja. Para mahasiswa bisa melakukan penelitian dan pelatihan perpajakan di tax center.

Farida mengaku bangga Univet Bantara Sukoharjo memiliki tax center. “Belum banyak perguruan tinggi yang memiliki tax center. Ini suatu kebanggaan tersendiri dan sumbangsih Univet Bantara Sukoharjo untuk membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat terhadap pajak,” katanya.

https://www.solopos.com/dongkrak-literasi-pajak-djp-jateng-buka-tax-center-di-univet-sukoharjo-1216924?utm_source=terkini_desktop

TULISAN TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Terbaru

Komentar Terbaru